Arsip Blog

Saturday, April 16, 2011

Kandungan Alkohol di Coca Cola Masih Misteri

Coca Cola memang menjadi minuman paling digemari, selain rasanya yang nikmat, keunikan lain yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah resep pembuatannya yang memang tidak diumbar secara umum. Tidak hanya dikalangan awam, sampai tim produksi di bagian Coca Cola pun tidak mengetahuinya.


Seperti yang diungkapkan seseorang yang pernah terlibat dalam pembuatan produksi Coca Cola di Indonesia. Menurutnya, tidak ada satupun tim produksi yang mengetahui secara utuh cara membuat minuman soft drink yang sangat populer di dunia itu.

"Kita di tim produksi hanya membuat Coca Cola dengan me-mixing campuran antara air, gula dan konsentrat Coca Cola. Nah konsentrat itu berbentuk serbuk dan dikirim langsung dari Coca Cola pusat," terang orang tersebut, yang minta namanya dirahasiakan, kepada okezone, Kamis (17/2/2011).

Dia menyebutkan tidak bisa menerka-nerka apakah campuran bahan-bahan yang tersaji di serbuk esktrak Coca Cola tersebut. Termasuk apakah itu mengandung bahan seperti alkohol atau tidak.

"Kalau sekedar dari indera penciuman, saya tidak menemui bau-bau seperti bahan alkohol gitu," katanya.

Memang, pada setiap kemasannya, Coca Cola hanya mencantumkan komposisi sebagai berikut: air berkarbonasi gula, konsentrat Coca Cola termasuk karamel.

Tanpa pencantuman kandungan alkohol dalam kemasannya, Coca Cola berhasil lolos dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta mendapat sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Menurut sumber di BPOM, Coca Cola mendapatkan sertifkasi dari BPOM karena memang memenuhi syarat yang ditetapkan oleh badan tersebut.

"Salah satu syaratnya adalah standar penggunaan karbonasi di minuman itu. Coca Cola di Indonesia sudah memenuhinya, jadi mendapatkan izin BPOM," sebut sumber okezone itu.

Namun dia tidak bisa menjelaskan secara detail apakah kandungan rahasia Coca Cola itu mengandung alkohol apa tidak. Karena BPOM, menurutnya, tidak mengetahui apa saja isi resep rahasia perusahaan minuman asal Amerika Serikat itu.

"Kita juga tidak melakukan penelitian kalau tidak ada laporan dari masyarakat. Karena toh sampai saat ini tidak ada masalah," tandasnya.

Telegraph, Kamis (17/2/2011), melansir situs thisamericanlife.org yang baru-baru ini memaparkan kandungan dan porsi bahan-bahan yang terdapat dalam Coca Cola. Bukan hanya itu, thisamericanlife juga memberikan bukti foto seseorang tengah membuka foto berisi replika resep milik John Pemberton, yang notabene merupakan penemu racikan bahan baku Coca Cola.

Selain bahan-bahan seperti ekstrak Coca, citric acid, kafein, karamel dan sebagainya, resep itu menyertakan alkohol yang dicampur sebanyak 8 ons. Alkohol jelas merupakan zat yang dilarang sebagian agama tertentu.

Meski demikian, hingga saat ini, belum diketahui apakah Coca Cola yang beredar di Indonesia juga mengandung alkohol.

No comments:

Post a Comment